Komputer adalah serangkaian ataupun
sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen
yang dapat saling bekerja sama, serta membentuk sebuah sistem kerja yang rapi
dan teliti. Sistem ini kemudian dapat digunakan untuk melaksanakan serangkaian
pekerjaan secara otomatis, berdasar urutan instruksi ataupun program yang diberikan
kepadanya.
1. Arsitektur Komputer
· Central
Processing Unit (CPU) mengendalikan semua unit sistem komputer dan mengubah
input menjadi output.
· Unit
pengendalian (control unit) membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu
sistem.
· Misalnya
prosesor dan arithmetic and logic unit (ALU) merupakan tempat berlangsungnya
operasi perhitungan logika serta mengolah isi penyimpanan primer.
· Penyimpanan
sekunder menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak
digunakan.
A. Peralatan Input
Keybord
Unit input yang paling popular, dimana
pengguna memasukan data dengan menekan tombol-tombol yang tepat seperti
layaknya mesin tik manual yang lebih lengkap.
Alat Penunjuk
·
Mouse, sebuah alat yang digunakan untuk
memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik bekerja dengan menangkap
gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang
lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal
untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi
nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
·
Trackball, perangkat yang
sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang dibalik dan
digunakan dengan menggelindingkan bolanya.
·
Touch screen, digunakan untuk
memasukkan data, instruksi hanya dengan menyentuh satu lokasi dilayar dengan
menggunakan jari atau objek tidak transparan lainnya.
·
Light pen, digunakan untuk
menunjuk pada layar.
·
Unit remote control
Alat
Input Otomatis Data Sumber
·
Alat Pembaca Optis, alat
input yang membaca data dengan menyinari suatu sinar terang di atas data dan
kemudian menangkap citra yang terpantul pada matriks sel-sel photoelectric.
Contoh : Scanner, OCR (Optical Character Recognition), OMR (Optical
Mark Reader) .
·
Alat Pembaca Magnetis, alat
pembaca yang menggunakan tinta khusus yang berisi zat yang dapat diberi muatan
magnet. Contoh : MICR (Magnetic Ink Character Recognition).
B. Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan Sekunder
Penyimpanan Primer
Biasanya disebut main memory, ukuran
kapasitas penyimpanan primer, yaitu :
Penyimpanan Sekunder
·
Pita Magnetik : Reel
Tape dan Tape Cartridge
·
Hard Disk :
Removable dan Non Removable
·
Floppy Disk
·
Piringan Optik : CD,
DVD
·
USB Flash Disk
·
Smart Card
·
Kartu memori
Bentuk Penyimpanan Sekunder:
·
RAM (Random Access Memory).
Jenis penyimpanan
primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
·
ROM (Read Only Memory).
Jenis penyimpanan
sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan
jika listrik padam data tidak akan hilang.
·
Cache Memory.
Merupakan RAM khusus
yang bekerja sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses
data.
C. Peralatan Output
Dibagi menjadi dua, yaitu :
1.
Softcopy, terdiri dari dua jenis :
a. Monitor
: CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
b. Audio
2.
Hardcopy, terdiri dari :
a.
Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser, Multifungsi
b.
Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal, Pemotong, Format Lebar
c.
Computer Output Microfilm (COM)
2. Software
(Perangkat Lunak)
Software dibagi menjadi dua, yaitu :
a. Perangkat Lunak
Sistem
Perangkat
lunak yang melaksanakan tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai
computer.
Ada
tiga jenis dasar perangkat lunak sistem :
· Sistem
Operasi.
Berfungsi sebagai
interface antara pemakai, perangkat lunak yang memproses data perusahaan dan
perangkat keras.
Contoh : Windows XP,
DOS, UNIX.
Ada 6 fungsi dasar
sistem operasi:
1.
Menjadwalkan Tugas
2.
Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
3.
Menjaga keamanan system
4.
Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
5.
Menangani Interrupt
6.
Menyiapkan catatan pemakaian
· Program
Utility.
Suatu routine
yang memungkinkan pemakai untuk melaksanakan operasi pemrosesan data dasar
tertentu yang tidak unik pada satu aplikasi pemakai tertentu.
· Penerjemah
Bahasa Komputer
a.
Bahasa Generasi Pertama, Bahasa Mesin (machine language)
b.
Bahasa Generasi Kedua, Assembler
c.
Bahasa Generasi Ketiga, Compiler dan Interpreter
d.
Bahasa Generasi Keempat, Bahasa Alamiah 4GL, memungkinkan
programmer atau pemakai menginstruksikan computer apa dan bagaimana operasi
tersebut dilakukan.
Di
Bawah ini yang termasuk kedalam generasi bahasa keempat:
1.
Database Query Language
2.
Modelling Language, khusus dirancang untuk pembuatan model matematika.
Contoh : GPSS
3.
Very High Level Language : PASCAL, APL
4.
Graph Generators : paket grafik
5.
Report Writer : COBOL, RPG
6.
Aplication Generators : program aplikasi pembayaran gaji
b.
Perangkat
Lunak Aplikasi
1. Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2. Paket Jadi
Ada empat kelompok besar :
1. Pemrograman Sendiri
Perusahaan menempatkan spesial informasi untuk melakukan tugas merancang sistem berbasis computer yang memenuhi kebutuhan unit perusahaan.
2. Paket Jadi
Ada empat kelompok besar :
·
Paket Aplikasi Bisnis Umum
·
Paket Aplikasi Khusus Industri
·
Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
·
Paket Peningkatan Produktivitas Perorangan
3. Peranan Peralatan
Input dan Output Serta Software Dalam Pemecahan Masalah.
Keseluruhan komponen perangkat input,
output dan software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam
pemecahan masalah. Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu
dengan yang lainnya. Perangkat input dan output berperan dalam proses
penyelesaian masalah dalam hal perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik
sistem maupun aplikasi membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas
organisasi dan perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi
data.
Daftar pustaka:
http://ragilmujiyanto.blogspot.com/2012/12/dasar-dasar-pemrosesan-komputer.html
0 komentar dari kalian:
Posting Komentar
Thanks for coming and coment my article^^