Senin, 13 Oktober 2014

1.5 Karakteristik Informasi yang Bernilai

Menurut Romney dan Steinbart, agar suatu sistem informasi sebagai informasi yang berdaya guna harus memperhatikan karakteristik informasi sebagai berikut :
1.             Relevan
Informasi itu relevan jika mengurangi ketidakpastian memperbaiki kemampuan pengambil                keputusan untuk membuat prediksi, mengkonfirmasi atau memperbaiki ekspektasi mereka    sebelumnya
2.             Andal
Informasi itu andal jika bebas dari kesalahan atau penyimpangan, dan secara akurat mewakili kejadian atau aktivitas di organisasi.
3.             Lengkap
Informasi itu lengkap jika tidak menghilangkan aspek-aspek penting dari kejadian yang merupakan dasar masalah atau aktivitas-aktivitas yang diukurnya.
4.             Tepat waktu
Informasi itu tepat waktu jika diberikan pada saat yang tepat untuk memungkinkan pengambil keputusan menggunakan dalam membuat keputusan.
5.             Dapat dipahami
Informasi dapat dipahami jika disajikan dalam bentuk yang dapat dipakai dan jelas.
6.             Dapat diverifikasi
Informasi dapat diverifikasi jika dua orang dengan pengetahuan yang baik, bekerja secara independen dan masing-masing akan menghasilkan informasi yang sama.
Adapun penjelasan karakteristik yang lain yaitu :
Informasi yang berkualitas harus akurat, tepat pada waktunya dan relevan, maksudnya adalah:
1.             akurat berarti informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan.
2.             tepat waktu berarti informasi yang datang pada penerima tidak boleh terlambat. Informasi yang sudah usang tidak akan mempunyai nilai lagi. Karena informasi merupakan landasan di dalam pengambilan keputusan.
3.             relevan berarti informasi tersebut mempunyai manfaat untuk pemakainya. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang berbeda-beda
Nilai Informasi ditentukan dari dua hal, yaitu manfaat dan biaya mendapatkannya.Suatu informasi dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya. Pengukuran nilai informasi biasanya dihubungkan dengan analisis cost effectiveness atau cost benefit.
Umur informasi, kapan atau sampai kapan sebuah informasi memiliki nilai atau arti bagi penggunanya.Ada condition informasion (mengacu pada titik waktu tertentu) dan operating information (menyatakan suatu perubahan pada suatu range waktu).
Kesimpulan :
Karakteristik informasi yang bernilai adalah informasi yang dapat dipahami , dimengerti oleh si penerima dan memenuhi syarat sebagai berikut :
1.             Relevan
2.             Andal
3.             Lengkap
4.             Tepat waktu
5.             Dapat dipahami
6.             Dapat diverifikasi

Referensi:


0 komentar dari kalian:

Posting Komentar

Thanks for coming and coment my article^^